PSI: Boleh Saja Abu Bakar Bakar Ba'asyir Dibebaskan, Asal.....

PSI: Boleh Saja Abu Bakar Bakar Ba'asyir Dibebaskan, Asal.....

MARTIRNKRI.COM - Wacana pembebasan Narapidana Teroris (Napiter) menuai kontroversi. Pro kontra mengalir di tengah masyarakat menyikapi bahasan tersebut.

Pemerintah melalui Menko Polhukam Wiranto, masih akan mengkaji lagi rencana pembebasan napiter yang dihukum atas kasus pelatihan militer di Pegunungan Janto Aceh itu.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung sikap pemerintah yang mengkaji ulang rencana pembebasan bersyarat Ba’asyir.

“PSI minta agar Ba’asyir patuh pada sistem hukum Indonesia dengan memperlihatkan sikap tunduk pada aturan terkait syarat pembebasan meskipun sebagai Narapidana Baasyir telah menjalani dua pertiga (2/3) masa pidananya,” ujar Sekjen PSI, Raja Juli Anton, Selasa (22/1/2019), dilansir PoskotaNews.

Toni menjelaskan pembebasan dengan alasan kemanusiaan harus tetap mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

Alasan kemanusiaan memang menjadi pertimbangan awal sehingga munculnya rencana kebijakan tersebut. Diketahui selain sudah renta, Ba’asyir juga sering sakit.

“Harus tetap mengikuti prosedur hukum yakni mengakui kesalahan dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Bersedia membantu aparat untuk membongkar jaringan terorisme. Menyatakan setia pada Pancasila dan NKRI,” tandasnya.


facebook -->

Subscribe to receive free email updates: