Bikin Terbengong-bengong, Data Yang Diungkap Jenderal Gatot Nurmantyo Soal Kebangkitan PKI, Ternyata Yang Dia Sebut PKI.....

Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo masih meyakini adanya gerakan-gerakan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia.

Bikin Terbengong-bengong, Data Yang Diungkap Jenderal Gatot Nurmantyo Soal Kebangkitan PKI, Ternyata Yang Dia Sebut PKI.....

MARTIRNKRI.COM - Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo masih meyakini adanya gerakan-gerakan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam program acara Rosi yang tayang di Kompas TV, Kamis (27/9/2018) malam.

Dalam acara tersebut, Gatot Nurmantyo menyampaikan tanda-tanda masih ada gerakan kebangkitan PKI di tanah air.

Sebelumnya, ia menjelaskan kalau kalau peristiwa kelam pemberontakan PKI mulai tahun 1948 hingga 1968 memakan banyak korban dari berbagai pihak, mulai dari umat Islam, TNI dan anggota PKI itu sendri.

"Peristiwa G30S/PKI itu rangkaiannya bukan hanya TNI saja. Tapi umat Islam dan tokoh agama, khususnya NU, Banser dan sebagainya menjadi korban yang cukup banyak di berbagai daerah." kata Gatot dalam acara tersebut.

Gatot pun membeberkan bukti lainnya, yakni sejak selesai era reformasi, ada pelajaran sejarah Pancasila dan tetang sejarah G30S PKI itu dihapuskan.

Menurutnya, tidak mungkin ada pihak yang bisa melakukan itu tanpa memiliki kekuatan yang besar.

"Sejarah tentang pemberontakan G30S/PKI itu dihilangkan. Kalau bukan kekuatan besar itu apa tujuannya? " ucapnya.

Saat Rosi meminta penegasan bahwa PKI-lah yang melakukan hal itu, Gatot mengiyakan.

"Ya, strateginya seperti itu.Itu kan ada rangkaiannya, kemudian habis itu tuntutan pencabutan TAP MPRS yang dibuat tahun 1966, siapa lagi kalau bukan itu? Siapa lagi kalau bukan PKI Itu? Kemudian lagi, tentang penghentian pemutaran film yang selama ini, siapa yang minta kalau bukan PKI" terang Gatot.

Agak kaget, Rosi mengingatkan bahwa apa yang disampaikan Gatot ini punya implikasi serius.

"Karena mereka yang mencoba mencabut TAP MPRS adalah PKI, mereka yang ingin mengganti mata pelajaran sejarah itu adalah PKI" tegas Rosi mengulang pernyataan Gatot.

"Kalau bukan kekuatan PKI, siapa lagi itu? Apa nasionalisme yang...kan tdak dong logika berfikirnya." balas Gatot.


Namun data-data ini kemudian dipatahkan oleh Usman Hamid, Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia.

Usman mulai menanggapi satu persatu pernyataan Gatot soal film G30S/PKI.

"Pertama, film ini (G30S/PKI, red) tidak benar diputar selama orrde baru, itu baru diproduksi tahun 1981, sampai ke tahun 1998. Di era tahun 1998 ke 1999, era pemerintahan Habibie, seniornya pak Gatot ini yaitu pak Yunus Yosfiah, menteri Penerangan, Letnan Jenderal ketika itu, dia yang mengumumkan bahwa film itu dihapuskan dari kewajiban untuk diputar setiap tahun. Jadi kalau dikatakan yang meminta penghentian film itu adalah PKI, siapa lagi kalau bukan mereka, itu KELIRU." ungkap Usman di hadapan Jenderal Gatot dan Rosi.

Lalu mengenai penghapusan sejarah pemberontakan G30S/PKI, Usman Hamid juga memaparkan  data yang mementahkan argumen Gatot Nurmantyo.

"Yang Kedua, Menteri Pendidikan ketika itu Pak Juwono Sudarsono di era pemerintahan Habibie yang melakukan peninjauan ulang melalui satu tim khusus untuk memerikan seluruh sejarah-sejarah di buku sejarah sekolah yang dianggap muatan sejarah yang tidak benar. Apakah pak Juwono adalah PKI? Bukan. Orang terdidik. Profesor. Pak Yunus Yosfiah PKI? Bukan. Jenderal Angkatan Darat." terang Usman Hamid.

Jadi menurut Usman Hamid, logika yang sedang dibangun Gatot Nurmantyo menurutnya sesuatu yang insinuasi atau prasangka yang negatif tanpa ada dasar fakta yang jelas. Lalu Usman juga menanggapi soal pencabutan TAP MPRS yang melarang Marxisme, Leninisme.

Baca juga: Ulama Kebanggaan Umat Gus Nur Jadi Tersangka, Bencana di Palu Pasti Gara-gara Banser dan Pemerintah, Ketum FPI: Siapa Yang Kriminalisasi Ulama, Allah Kirim Bala dan Bencana

"Usaha untuk mencabut TAP MPRS yang melarang marxisme, leninisme itu datang dari seorang Presiden Abdurrahman Wahid. Manta ketua PBNU, yang bertahun-tahun memimpin organisasi terbesar di Islam. Saya ini orang NU, kyai saya orang kampung, ayah saya kyai. Itu Gus Dur yang mengajukan untuk penghapusa TAP MPRS karena dianggap menjadi dasar bagi diskriminasi terhadap begitu banyak orang ang tidak salah tapi dianggap salah. GUS DUR BUKAN PKI. GUS DUR ANAK KYAI. GUS DUR SENDIRI KYAI." tegas Usman.

Terakhir Usman Hamid menekankan kekeliruan apa yang disampaikan Gatot Nurmantyo.

"Jadi keliru kalau kemudian membangun logika lompat-lompat seolah-olah yang meminta penghapusan  TAP MPRS itu pasti PKI. Itu Keliru fatal, membodohi masyarakat." pungkas Usman.
(Tribun/Rosi)


Name

Berita,2353,Entertainment,6,Health,1,Internasional,62,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2304,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Bikin Terbengong-bengong, Data Yang Diungkap Jenderal Gatot Nurmantyo Soal Kebangkitan PKI, Ternyata Yang Dia Sebut PKI.....
Bikin Terbengong-bengong, Data Yang Diungkap Jenderal Gatot Nurmantyo Soal Kebangkitan PKI, Ternyata Yang Dia Sebut PKI.....
Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo masih meyakini adanya gerakan-gerakan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia.
https://3.bp.blogspot.com/-LbF0Y1vLa1I/W7C6nyy83jI/AAAAAAAAcHM/UC7cqdKLDGYxUtNG0jhSsIj3-HG6HOhwgCLcBGAs/s640/Gatot%2BNurmantyo%2BKebangkitan%2BPKI.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-LbF0Y1vLa1I/W7C6nyy83jI/AAAAAAAAcHM/UC7cqdKLDGYxUtNG0jhSsIj3-HG6HOhwgCLcBGAs/s72-c/Gatot%2BNurmantyo%2BKebangkitan%2BPKI.jpg
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2018/09/bikin-terbengong-bengong-data-yang.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2018/09/bikin-terbengong-bengong-data-yang.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy