Ini Jawaban Telak Jokowi Untuk Mulut Celometan Amien Rais yang Ngatain Bangsa Indonesia Pekok Terkait Migas, Pemerintah Berhasil....

Pemerintah menunjuk PT Pertamina (Persero), sebagai pemenang Blok Minyak dan Gas (Migas) Rokan. Dengan hasil itu, Pertamina kelola Blok Rokan setelah kontrak Chevron Pacific Indonesia habis pada 2021.

Pertamina 'Ambil Alih' Blok Rokan, Jokowi Jawab Telak Tantanagn Mulut Celometan Amien Rais yang Ngatain Bangsa Indonesia Pekok Terkait Migas

MARTIRNKRI.COM - Pemerintah menunjuk PT Pertamina (Persero), sebagai pemenang Blok Minyak dan Gas (Migas) Rokan. Dengan hasil itu, Pertamina kelola Blok Rokan setelah kontrak Chevron Pacific Indonesia habis pada 2021.

‎Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, setelah mengevaluasi terhadap dua proposal yang diajukan Pertamina dan Chevron, pemerintah menetapkan Pertamina sebagai operator Rokan dari 2021 sampai 2041.

"Tim 22 WK setelah melihat proposal yang dimasukan sore ini jam 5 sore, maka pemerintah lewat Menteri ESDM menetapkan pengelola Blok Rokan mulai 2021 selama 20 tahun ke depan akan diberikan kepada Pertamina," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Arcandra menuturkan, setelah diserahkan ke Pertamina mulai 2021, perusahaan tersebut akan berbagi hak partisipasi (Participating Interest/PI) ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan porsi 10 persen.

‎"Untuk ke depannya selain diserahkan Pertamina,10 persennya diserahkan hak partisipasi BUMD yang ditunjuk‎," tutur Arcandra.

‎Siapapun pengelola Blok Rokan atau blok terminasi harus bisa memberikan bagian lebih ke negara. Dengan ditetapkan Pertamina sebagai pengelola Blok Rokan maka ada term and condition (TNC) atau syarat dan kondisi yang disepakati tinggal ditetapkan dalam dokumen yang akan ditandatangani pemerintah dalam waktu dekat.

Blok Rokan merupakan ‎produsen minyak terbesar di Indonesia dengan cadangan 500 juta sampai 1,5 miliar barel setara minyak.

Berdasarkan catatan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) produksi minyak siap jual Rokan semala semester I 2018 sebesar 771 ribu barel per hari, porsi produksi Rokan mencapai mencapai 207.148 barel

"Alhamdulillah, selamat kepada Pertamina yang telah diberi amanat ke pemerintah untuk mengelola Blok Rokan dari 2021 sampai 2041," ujar dia.

Sebelumnya, Pengamat Energi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Abra Talattov, menyatakan pengelolaan Blok Rokan oleh Pertamina akan membuat perusahaan pelat merah tersebut menjadi produsen migas terbesar di Indonesia.

Pasalnya, Blok Rokan merupakan aset yang sangat strategis. Blok Rokan mampu menghasilkan produksi minyak sekitar 122 ribu barel per hari (bph) atau menyumbang sekitar 50 persen total produksi Chevron yang saat ini mengelola blok tersebut.

"Blok Rokan juga terdiri dari 76 lapangan migas aktif dan paling utama adalah Lapangan Duri dengan produksi 54 ribu bph. Dia juga berkontribusi terhadap 44 persen produksi Blok Rokan,” ujar dia di Jakarta, Selasa 31 Juli 2018.

Abra mengungkapkan, dari sisi produksi migas, saat ini Pertamina masih berada di posisi ke-3. Bahkan, produksinya kalah jauh dengan Chevron yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS).

Namun, jika blok itu berhasil dikuasai, ‎Pertamina akan menjadi produsen migas terbesar di negeri sendiri, dengan pangsa sekitar 70 persen terhadap produksi nasional.

"Saat ini Pertamina berada di posisi ketiga dalam hal produksi migas nasional, yaitu rata-rata sebesar 76 ribu bph, jauh di bawah Chevron 212 ribu bph,” kata dia.

Abra menuturkan, sebenarnya ‎tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak menyerahkan Blok Rokanke tangan Pertamina.

Selain itu, dengan memberikan hak kelolanya kepada Pertamina, maka akan mempercepat terwujudnya pengelolaan energi yang lebih berdaulat.

"Blok Rokan ini sangat strategis, kita harus perjuangkan agar bisa kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi,” ujar dia.

Sebelumnya Amien Rais yang menantang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri ESDM Igansius Jonan untuk merebut kembali Blok Rokan.

"Kalau betul Blok Rokan bisa kembali ke Ibu Pertiwi, ke Pertamina, ini sebuah terobosan luar biasa. Cuma berani enggak Jonan, berani enggak Pak Jokowi? kalau berani ya luar biasa," tutur Amien Rais di gedung Nusantara V, MPR RI, Jakarta, Senin (30/7/2018) lalu.

Selain itu ujaran pekok juga keluar dari mulut Amien Rais. Saat Amien berkumpul dengan beberapa tokoh di MPR membahas status pengelolaan Blok Rokan, Riau, yang diperebutkan Pertamina dan Chevron untuk dikelola, Amien kembali membikin kontroversi.

"Kalau Blok Rokan dimiliki Indonesia, itu berarti Pasal 33 UUD 45 sudah terpenuhi. Apalagi kalau Blok Rokan menjadi semacam contoh yang bagus. Mudah-mudahan blok-blok lain, bahkan termasuk Freeport, juga bisa kembali," kata Amien, Senin (30/7/2018).

Amien menyebut saat ini Indonesia mengalami fenomena 'korporatisasi', yang mengalahkan demokrasi. Aksi korporasi asing di Indonesia, menurutnya, juga didukung pihak pemerintah.

"Manusia yang paling buruk yaitu orang yang pekok tapi ndak tahu bahwa dia pekok. Jadi pasti menjengkelkan betul. Mungkin banyak orang pekok," sindirnya.

Sebelumnya, Amien pernah meneriakkan pekok saat menyoroti masalah undang-undang yang dinilainya pro-asing, salah satunya Undang-Undang Migas. Saat itu, Amien meneriakkan bangsa Indonesia sebagai bangsa 'pekok'. Hal itu disampaikan Amien saat mengisi ceramah di Masjid Muthohirin di Yogyakarta pada Kamis, 10 Mei, lalu.

"Ini ada UU yang aneh dan ajaib. Bahwa gas alam di perut bumi Indonesia, itu boleh digunakan oleh bangsa sendiri setelah bangsa lain dicukupi kebutuhannya," kata Amien.

Amien menyebut kebijakan itu aneh karena kebutuhan dalam negeri dikorbankan hanya demi memenuhi kebutuhan negara lain, seperti China, Taiwan, dan Singapura.

"Ini mesti bangsa pekok (bodoh)," sindirnya.

Sumber: Liputan6/Detik.com




Name

Berita,2301,Entertainment,6,Health,1,Internasional,61,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2253,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Ini Jawaban Telak Jokowi Untuk Mulut Celometan Amien Rais yang Ngatain Bangsa Indonesia Pekok Terkait Migas, Pemerintah Berhasil....
Ini Jawaban Telak Jokowi Untuk Mulut Celometan Amien Rais yang Ngatain Bangsa Indonesia Pekok Terkait Migas, Pemerintah Berhasil....
Pemerintah menunjuk PT Pertamina (Persero), sebagai pemenang Blok Minyak dan Gas (Migas) Rokan. Dengan hasil itu, Pertamina kelola Blok Rokan setelah kontrak Chevron Pacific Indonesia habis pada 2021.
https://3.bp.blogspot.com/-ZeoyoqbIFmw/W2EaM4OY5AI/AAAAAAAAUwk/vyWH8ZGk-5AYbZqpf99_CHq0siDXILUOACLcBGAs/s640/Jokowi.png
https://3.bp.blogspot.com/-ZeoyoqbIFmw/W2EaM4OY5AI/AAAAAAAAUwk/vyWH8ZGk-5AYbZqpf99_CHq0siDXILUOACLcBGAs/s72-c/Jokowi.png
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2018/08/ini-jawaban-telak-jokowi-untuk-mulut.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2018/08/ini-jawaban-telak-jokowi-untuk-mulut.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy