Ini Bukan Di Eropa, Suhu Dingin Membuat Tanaman Diselimuti 'Salju' Di Brebes, Di Area Ini....

MARTIRNKRI.COM - Suhu udara dingin juga terjadi di perkebunan teh Kaligua, Brebes. Semua tanaman baik daun teh, jeruk hingga rerumputan juga dipenuhi embun es. Suhu dingin pun terasa sekali.

Areal wisata perkebunan teh Kaligua terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes.

Menager Wisata Agro PTPN IX Kebun Kaligua, Marjono menjelaskan, areal yang mengalamai frozen berbeda dengan kejadian sebelumnya. Kali ini luas areal kebuh yang membeku lebih luas. Tanaman kebun lain, seperti areal tanaman jeruk seluas 3 hektar juga terkena dampak frozen.

"Frozen semalam lebih luas dibanding beberapa hari lalu. Tanaman jeruk milik kebuh juga memutih karena diselimuti tepung es," ujar Marjono, Sabtu (4/8/2018).

Ini Bukan Di Eropa, Suhu Dingin Membuat Tanaman Diselimuti 'Salju' Di Brebes

Areal kebun ini mulai turun hingga 6 derajat celcius pada Jumat malam pukul 21.00. Suhu udara terus mengalami penurunan hingga larut malam dan dinihari hingga suhunya mencapai 3 derajat celcius. Saat suhu mencapai titik terendah, bagian pohon mulai dari batang bawah hingga daun diselimuti tepung es.

Selain tanaman kebun, tanaman lain dan bahkan rumput dan semak-semak ikut membeku dan terlihat berwarna keputihan.

"Tanaman yang tadinya hijau akan terlihat keputihan, juga lapangan dan bumi perkemahan. Rumputnya juga terselimuti tepung es," imbuh Marjono

Warna putih yang menempel pada tanaman kebun mulai memudar seiring hilangnya tepung es yang menempel. Biasanya, tepung es ini akan mencair dan hilang saat matahari mulai menyinari areal kebun pukul 06.30 WIB. Dampak dari frozen ini, daun tanaman akan berwarna kemerahan seperti terbakar.

Ia menambahkan kondisi dingin di Kebun Kaligua ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan, terutama dalam menghadapi cuaca dingin. Mereka bisa mendirikan perkemahan dan berwisata alam di areal perkebunan.

Agar wisatawan bisa menyaksikan terjadinya frozen, disarankan untuk datang lebih awal atau menginap. Mengingat tepung es akan hilang saat matahari muncul.
Baca juga: Hiii... Ada Makam di Pasar Godean Sleman

"Memang suhu disini sangat menusuk tulang, tapi itu bisa diobati dengan membuat api unggun bagi yang berkemah," kata Marjono.

Kebuh teh Kaligua ini merupakan wisata agro dengan potensi alam yang indah, sehingga menjadi tempat wisata di Kabupaten Brebes yang tengah populer saat ini.

Kebun Teh Kaligua Wisata Agro berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Lokasinya berada di sebelah barat kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1.500-2.050 meter dari permukaan laut.

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, tentu saja membuat suhu udara di tempat ini cukup sejuk. Pada hari biasa, suhu udara ini berkisar antara 8-28 derajat celcius. Pada bulan bulan tertentu terutama pada musim kering, suhu udara di areal ini akan mendekati nol derajat Celcius.

Sumber: Detik.com
facebook -->

Subscribe to receive free email updates: