5 Fakta Kerusuhan di Mako Brimob, Kondisi Dan Sel AHOK Juga Terungkap...

Sebuah kerusuhan terjadi di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada Selasa (8/5/2018) malam.


MARTIRNKRI.COM - Sebuah kerusuhan terjadi di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada Selasa (8/5/2018) malam.

Kabar itu tentu saja membuat banyak orang panik.

Bahkan, foto-foto dan video kerusahan tersebut sempat menyebar di media sosial.

Netizen pun kemudian ramai-ramai membagikan foto dan video tersebut.

Berikut ini fakta-faktanya dikutip TribunnewsBogor.com dari berbagai sumber.

1. Kerusuhan terjadi di Blok C

Kerusuhan tersebut terjadi antara Densus 88 dengan napi terorisme di blok C Mako Brimob, kelapa Dua, Depok.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen M Iqbal mengakui bahwa memang ada insiden di rutan yang ada di Mako Brimob itu.

"Betul ada insiden dan sekarang sedang ditangani oleh Brimob dan kepolisian setempat," ujar Iqbal dalam pesan singkat kepada wartawan, Senin.

Iqbal masih belum bisa menjelaskan soal kronologi kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua.

Menurutnya, kini dirinya sedang dlaam perjalanan menuju ke Mako Brimob Kelapa Dua.

2. Dipicu Soal Kiriman Makanan Napi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Prabowo Yuwono mengungkapkan peristiwa berawal setelah waktu salat Magrib.

"Saat salat Magrib selesai, ada napi yang menanyakan titipan makanan dari keluarganya," ujar Argo dalam pesan singkatnya, Rabu (9/5).

Lantas dijawab salah satu anggota Direktorat Tahanan Titipan (Tahti) bahwa titipan makanan tersebut dipegang oleh anggota lainnya.

Rupanya, jawaban petugas membuat napi tersebut meradang. Ia kesal hingga mengajak rekan-rekannya untuk melakukan kerusuhan.

"Napi tidak terima dan mengajak rekan-rekan napi lainnya untuk melakukan kerusuhan dari Blok C dan B. Lalu napi membobol pintu dan dinding sel," ungkap Argo.

3. Polisi Mampu Kendalikan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal mengungkapkan polisi telah berhasil mengendalikan situasi di dalam Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok.

Sebelumnya kerusuhan sempat terjadi di dalam rumah tahanan yang ada di Mako Brimob Kelapa Dua. Kerusuhan melibatkan petugas dan tahanan.

"Situasi sudah dapat dikendalikan. Doakan kami dapat menuntaskan insiden ini," ujar Iqbal saat ditemui di depan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5/2018).

4. Enam Orang Menjadi Korban, 5 Polisi dan 1 Napi Teroris

Brigjen M Iqbal juga mengungkapkan bahwa terdapat korban jiwa dalam insiden keributan antara narapidana terorisme dan beberapa polisi di Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok, pada Selasa (8/5/2018) malam.

Menurut Iqbal, lima polisi gugur dan satu narapidana kasus terorisme tewas dalam insiden tersebut. Satu narapidana terorisme itu ditembak karena melawan dan merebut senjata petugas.

"Kami sampaikan bahwa kejadian insiden ini memakan korban jiwa. Ada lima rekan kami dan satu dari mereka (narapidana terorisme) terpaksa kami lakukan upaya kepolisian karena melawan dan mengambil senjata petugas," ujar Iqbal saat memberikan keterangan pada awal media yang meliput tak jauh dari gerbang Mako Brimob, Rabu (9/5/2018). Selengkapnya: Tragis! Bikin Sedih, 5 Polisi Gugur Jadi Korban Kebengisan Napi Teroris di Mako Brimob

5. Ahok dalam Kondisi Aman

Ahok ditahan di Mako Brimob karena terjerat kasus penodaan agama.

Melansir Kompas.com, Kabag Ops Korps Brimob Kombes Pol Waris Agono menjelaskan gambaran umum ruang tahanan yang ditempati terdakwa kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok).

Ahok menempati rutan tersebut sejak Rabu (10/5/2017).

"Bloknya itu tidak ada, itu ada di dalam ruang tahanan yang berada di Mako Brimob. Sama seperti tahanan lainnya," ujar Waris di Mako Brimob, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya, tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada Ahok yang merupakan Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu.

"Rutan Ahok ada di lantai 1. Ukuran ruangan 2×3 (meter) untuk satu orang aja, tidak pakai kasur, hanya beralas saja dan kamar mandi di dalam," paparnya

Sementara itu Adik Ahok, Fifi Lety Indra mengatakan, Ahok dalam kondisi aman.

"Banyak telepon dan WA dari wartawan maupun kenalan tanya kondisi Bapak (Ahok), saya jawab sudah percaya, aman," ujar Fifi yang dikutip dari akun Instagram-nya @fifiletytjahajapurnama.



(Dari Berbagai Sumber)


Name

Berita,2386,Entertainment,6,Health,1,Internasional,62,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2337,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: 5 Fakta Kerusuhan di Mako Brimob, Kondisi Dan Sel AHOK Juga Terungkap...
5 Fakta Kerusuhan di Mako Brimob, Kondisi Dan Sel AHOK Juga Terungkap...
Sebuah kerusuhan terjadi di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada Selasa (8/5/2018) malam.
https://3.bp.blogspot.com/-IMGCohtVYqI/WvLrf9_TLMI/AAAAAAAATH0/SY02XX0gsmkchrGHqaUYXGg6bASLWvsawCLcBGAs/s640/Polisi%2BBerjaga%2Bdi%2BSekitar%2BMako%2BBrimob.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-IMGCohtVYqI/WvLrf9_TLMI/AAAAAAAATH0/SY02XX0gsmkchrGHqaUYXGg6bASLWvsawCLcBGAs/s72-c/Polisi%2BBerjaga%2Bdi%2BSekitar%2BMako%2BBrimob.jpg
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2018/05/5-fakta-kerusuhan-di-mako-brimob.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2018/05/5-fakta-kerusuhan-di-mako-brimob.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy