Menurut Penelitian, Ternyata Ini Penyebab Orang Lebih Cepat Percaya Hoax dari Pada Berita Fakta.....

Penelitian ilmiah menyebutkan berita hoaks menyebar lebih jauh, lebih cepat dan lebih banyak dibanding berita yang benar. Hal ini terjadi bukan karena mesin atau bot, justru perilaku manusia jadi penyebabnya.

Menurut Penelitian, Ternyata Ini Penyebab Orang Lebih Cepat Percaya Hoax dari Pada Berita Fakta.....

MARTIRNKRI.COM -  Penelitian ilmiah menyebutkan berita hoaks menyebar lebih jauh, lebih cepat dan lebih banyak dibanding berita yang benar. Hal ini terjadi bukan karena mesin atau bot, justru perilaku manusia jadi penyebabnya.

Para peneliti Media Lab dari Massachuets Institute of Technology memeriksa kurang lebih 126 ribu cerita yang dibagikan tiga jutaan orang di Twitter sejak 2006-2017. Hasilnya, 70 persen berita palsu atau hoaks lebih mungkin untuk di-retweet dibandingkan berita yang benar.

Dilansir Reuters, Minggu (11/3), berdasarkan hasil studi itu penyebaran hoaks lebih cepat dan luas di Twitter dibandingkan berita yang benar. Berita hoaks bahkan menyebar enam kali lebih cepat.

Semua cerita yang diteliti dalam studi tersebut ditinjau oleh enam organisasi pengecekan fakta independen, termasuk Snopes dan Politifact, untuk menilai kebenarannya.

Berita politik palsu lebih banyak muncul dibandingkan tentang terorisme, bencana alam, sains, legenda urban atau informasi keuangan. Para peneliti menekankan, terjadi peningkatan penyebaran berita politik palsu selama Pilpres AS 2012 dan 2016.

Pimpinan penelitian, Soroush Vosoughi, mengatakan orang-orang lebih cenderung membagikan hoaks karena beritanya dinilai lebih mengejutkan. Hal ini sama seperti menggunakan headline 'click bait' yang sensasional untuk menarik lebih banyak perhatian.

"Alasan hoaks lebih mengejutkan adalah beritanya bertentangan dengan ekspektasi orang-orang," kata Vosoughi.

Twitter memang menjadi fokus dalam penelitian ini, tapi para peneliti berpendapat penemuan mereka kemungkinan besar juga berlaku pada platform media sosial yang lain termasuk Facebook.

Kenapa orang terdorong membagikan hoaks?

Tim juga menemukan fakta perilaku manusia yang ingin selalu menjadi orang pertama menyebarkan sebuah kabar berita, menjadi salah satu penyebab derasnya hoaks.

"Mengejutkan bagaimana manusia lah yang bertanggung jawab. Kita tak bisa menyalahkan robot," kata Profesor Sinan Aral dari MIT Sloan School of Management.

"Orang-orang yang pertama kali membagikan sesuatu dianggap memiliki pengetahuan," lanjutnya.

Para peneliti menemukan bahwa berita palsu memicu perasaan terkejut dan jijik yang lebih besar. Di sisi lain, berita asli menghasilkan ungkapan kesedihan, antisipasi, dan kepercayaan.

Seringkali berita hoaks juga lebih dramatis daripada berita sungguhan. Orang-orang menyukai kisah yang menggugah perasaan mereka. Mereka akan menyebarkannya seketika.

"Ditambah lagi, orang-orang juga punya kecenderungan untuk membagikan berita yang mengiyakan atau sejalan dengan pemikiran mereka," kata Aral.

Para peneliti menyebut untuk mengatasi hoaks ini tak cuma membutuhkan perubahan perilaku manusia. Tapi harus ada kontrol ketat dari media sosial besar seperti Facebook, Twitter, Google dan Youtube.

Sumber: Merdeka.com


Name

Berita,2308,Entertainment,6,Health,1,Internasional,61,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2260,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Menurut Penelitian, Ternyata Ini Penyebab Orang Lebih Cepat Percaya Hoax dari Pada Berita Fakta.....
Menurut Penelitian, Ternyata Ini Penyebab Orang Lebih Cepat Percaya Hoax dari Pada Berita Fakta.....
Penelitian ilmiah menyebutkan berita hoaks menyebar lebih jauh, lebih cepat dan lebih banyak dibanding berita yang benar. Hal ini terjadi bukan karena mesin atau bot, justru perilaku manusia jadi penyebabnya.
https://4.bp.blogspot.com/-Oo54zX_s1PE/WqWlbExHsCI/AAAAAAAAR_w/FQASkLyO_7w1K5oBmYaYmPb9qVgmbR4iwCLcBGAs/s640/Berita%2BHoax.png
https://4.bp.blogspot.com/-Oo54zX_s1PE/WqWlbExHsCI/AAAAAAAAR_w/FQASkLyO_7w1K5oBmYaYmPb9qVgmbR4iwCLcBGAs/s72-c/Berita%2BHoax.png
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2018/03/menurut-penelitian-ternyata-ini.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2018/03/menurut-penelitian-ternyata-ini.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy