Mantan Terpidana Kasus Pembunuhan Munir Jadi Pengurus, Ini Strategi Partai Berkarya?

Mantan Terpidana Kasus Pembunuhan Munir Jadi Pengurus, Ini Strategi Partai Berkarya?

MARTIRNKRI.COM - Pollycarpus Budihari dan Muchdi Purwoprandjono (PR) yang merupakan mantan terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib gabung ke Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

Pengamat Politik dari Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA) Sya'roni menilai, apa yang dilakukan kedua mantan terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib itu, hal biasa.

“Secara hukum, seorang mantan terdakwa sah-sah saja bergabung ke partai politik,” kata Sya’roni kepada Okezone, Kamis (8/3/2018).

Sya’roni menilai, Partai Berkarya itu tidak memerdulikan latar belakang seseorang yang bergabung itu apakah mempunyai catatan hukum atau tidak.

“Bisa disimpulkan partai tersebut tidak memperdulikan latar belakang seseorang yang bergabung apakah pernah terjerat kasus hukum atau tidak,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picung mengatakan, Pollycarpus yang juga mantan pilot Garuda Indonesia tersebut mendaftarkan diri sebagai anggota Partai Berkarya dari daerah Tangerang, Banten.

“Iya benar, jadi saat verifikasi parpol kemarin semua partai menjaring anggota-anggota dengan surat dari KPU kan minimal memiliki seper seribu anggota di setiap kabupaten dari penduduk yang ada," ujar Badarudin saat dikonfirasi, Rabu (7/3/2018).

Sya'roni juga berpendapat gabungnya Pollycarpus Budihari dan Muchdi Purwoprandjono jadi salah satu strategi Partai Berkarya.

“Bisa jadi partai tersebut memiliki strategi tersendiri untuk mengarungi pertarungan politik di Pemilu 2019,” ujarnya.

Sya’roni menyatakan saat ini masyarakat sudah berpikir secara kritis dan cerdas. Sehingga semua itu dikembalikan kepada masyarakat meskipun keduanya sudah memilikik catatan terhadap hukum

“Mencermati hal tersebut, maka lebih tepat dikembalikan ke rakyat. Silahkan rakyat menilai sendiri partai mana yang layak didukung,” paparnya.

Sumber: Okezone.com
facebook -->

Subscribe to receive free email updates: