Anies 'Bungkam' Ditanya Soal Temuan Ombudsman Atas Dugaan Maladministrasi Penggunaan Jalan Jatibaru untuk Lapak Pedagang Kakilima di Tanah Abang

Anies 'Bungkam' Soal Temuan Dugaan Maladministrasi Penggunaan Jalan Jatibaru untuk Lapak Pedagang Kakilima di Tanah Abang Oleh Ombudsman

MARTIRNKRI.COM - Ombudsman RI dipimpin Plt Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Dominikus Dalu dan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budianto melakukan pemantauan lalu lintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018) pagi.

Tim ORI dan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan pemantauan dengan menyusuri Blok A Jalan Mas Mansyur-Fly Over Jati Baru-Jalan KS Tubun-Jalan Kebon Jati-Jalan Mas Mansyur dan berakhir di Jalan Jati Baru.

Dari bagian awal Jalan Jati Baru yang ditutup untuk berdagang, tim ORI dan Ditlantas Polda Metro Jaya berjalan kaki menyusuri trotoar Jalan Jati Baru Raya.

Dominikus Dalu mengatakan sebelumnya pihaknya pernah turun juga ke kawasan ini sebagai inisiatif untuk melihat fasilitas pelayanan publik yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ia mengatakan hasil tinjauan langsung di lapangan pihaknya melihat ada maladministrasi karena menurut Undang-undang Lalu Lintas dan Jalan Raya (LLAJ) bahwa jalan raya harusnya digunakan sebagai jalan umum, bukan untuk fungsi lain.

Sementera itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi temuan Ombudsman ihwal dugaan maladministrasi dalam penataan kawasan Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Nggak usah deh (dikomentari),” katanya, Selasa, 20 Maret 2018. “Biar Ombudsman saja (yang berkomentar), biar Ombudsman ada sesuatu yang dikatakan."

Pelaksana tugas Ombudsman Perwakilan Jakarta Dominikus Dalu menyebut ada dugaan maladministrasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam penataan kawasan Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang.

Dugaan itu muncul setelah Ombudsman melakukan pemeriksaan dalam sebulan terakhir.

Dominikus menilai penutupan Jalan Jatibaru yang diatur melalui Instruksi Gubernur Nomor 17 Tahun 2018 telah melanggar Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Ombudsman juga mengajak Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya untuk meninjau langsung Jalan Jatibaru.

Dominikus berharap, Ditlantas bisa memberikan masukan untuk finalisasi laporan pemeriksaan Ombudsman.

Ombudsman berencana menyampaikan hasil pemeriksaan Tanah Abang tersebut kepada Gubernur Anies Baswedan pada pekan depan.

Namun sejauh ini Anies enggan untuk memberi tanggapan atas rencana itu. (Tempo.co/Tribunnews.com)


facebook -->

Subscribe to receive free email updates: