Jakarta Banjir, Tenang Gubernur Sudah Bolak-Balik Pantau Langsung Pintu Air Manggarai, Ini Yang Kedua Kalinya Nih.......


Jakarta Banjir, Tenang Gubernur Sudah Bolak-Balik Pantau Langsung Pintu Air Manggarai....

MARTIRNKRI.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau pintu air Manggarai. Saat ini posisi ketinggian air di lokasi mencapai 780 cm.

"Kalau sudah di atas 750 sudah siaga 3. Kita akan pantau terus," ujar Anies di lokasi, Senin, 5 Februari 2018.

Anies meninjau pintu air ditemani Kepala Dinas Sumber Daya Alam DKI Teguh Hendrawan. Keduanya menyusuri pintu air Manggarai.

Ada dua pintu air yang dipantau, yakni di dekat Pasar Rumput dan di dekat Stasiun Manggarai.

Anies tiba di lokasi sekira pukul 15.00 WIB. Ia terlihat mendokumentasikan kondisi pintu air menggunakan ponsel.

Dilansir Detik.com, Pukul 21.40 WIB, terlihat Anies Baswedan kembali memantau pintu air yang sama. Anies langsung ke Pintu Air untuk terus mengecek debit air yang berpotensi bikin banjir kiriman.

Anies mengatakan akan terus memonitor kondisi Jakarta yang beberapa wilayahnya sudah tergenang banjir.

Selain memonitor, Anies mengatakan siap terjun ke lokasi jika perlu dilakukan.

"Malam ini standby, kalau ada yang perlu didatangi malam ini, kita datangi malam ini," kata Anies.

Anies mengaku tidak ambil pusing apabila jam istirahatnya jadi berkurang lantaran harus siaga menerima laporan banjir di ibu kota.

Menurut dia, yang terpenting adalah memastikan semua jajaran Pemprov DKI terkait siap siaga dalam masalah banjir ini.

"Tidur? Gampang urusan tidur sih. Yang penting sekarang pastikan bahwa ketika ada masalah, semua pasukan siap dan saya juga posisinya standby," kata Anies.

"Kami standby dan kalau tidur bisa di mana saja, gampang. Yang penting adalah semuanya kerja, semuanya aman," Anies menambahkan.

Adapun tinggi air di Pintu Air Manggarai malam ini mencapai 840 cm dan masuk dalam posisi siaga 3. Ketinggian air ini meningkat dari yang tadinya 780 cm pada pukul 16.00 WIB.

Bila ketinggian air melampaui angka 850 cm, maka Pintu Air Manggarai masuk dalam posisi siaga 2. Kemudian, bila ketinggian air melebihi 950 cm, status ditingkatkan menjadi siaga 1.

Anies memastikan, semua pintu-pintu air dalam posisi responsif untuk menerima limpahan air yang makin besar di malam hari.

"Semua pintu-pintu air dalam posisi dijaga dan dimonitor dengan ketat, kita pantau dari waktu ke waktu," ujar Anies.

Dia pun menegaskan bahwa lokasi yang berisiko terkena banjir adalah wilayah-wilayah sekitar di sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

(Metrotvnews/detik.com)

facebook -->

Subscribe to receive free email updates: