Politikus Demokrat Sindir Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bohong-Bohongan, Jawaban Menteri BUMN Ini Bungkam Roy Suryo.....

Politikus asal partai Demokrat menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai proyek bohongan atau proyek 'kecebong' (kereta cepat bohongan), lantaran progres mega proyek yang sudah dimulai groundbreaking-nya sejak awal 2016 lalu tak kunjung menunjukkan kemajuan.

Miniatur Kereta Cepat Jakarta - Bandung
Miniatur Kereta Cepat Jakarta - Bandung
MARTIRNKRI.COM - Politikus asal partai Demokrat menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai proyek bohongan atau proyek 'kecebong' (kereta cepat bohongan), lantaran progres mega proyek yang sudah dimulai groundbreaking-nya sejak awal 2016 lalu tak kunjung menunjukkan kemajuan. Namun hal ini ditepis oleh Menteri BUMN Rini Soemarno karena pekerjaan di lapangan terus dilakukan.

Rini menyebut proyek ini berjalan lambat lantaran adanya perubahan trase yang dilalui sehingga merambat pada penetapan lokasi, pengadaan lahan hingga izin rencana tata ruang dan wilayahnya. Menanggapi hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan semua syarat administrasi dan teknis proyek senilai Rp 78,6 triliun itu sudah selesai.

"Semua persyaratan administratif dan mustinya teknis sudah selesai. Kami dari Kementerian Perhubungan akan memberikan support ke Kementerian BUMN untuk melaksanakan kegiatan tersebut," katanya singkat saat ditemui usai acara pelantikan pejabat eselon di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Budi mengaku akan membicarakan terkait rencana pengerjaan proyek ini lebih lanjut, terutama setelah pendanaan dari China Development Bank (CDB) senilai US$ 1 miliar pada medio November nanti akan cair. Namun dia masih belum bisa memberi keterangan lebih lanjut mengenai target pengerjaan proyek ini ke depannya.

"Saya belum melihat rencana DED (detail engineering design)-nya. Jadi mulai minggu depan saya akan koordinasi dengan Ibu Menteri (BUMN) untuk membahas mengenai progres," tukasnya.

Adapun hingga saat ini progres pembebasan lahan kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 54%. Izin RTRW dari Pemprov DKI dan Jawa Barat terkait wilayah yang dilalui proyek ini sudah diterbitkan.

Sebelumnya, muncul sindiran tajam dari Roy Suryo yang tak lain Waketum Partai Demokrat. Bak petir di siang bolong, Roy menyebut 'proyek kecebong' untuk sebuah program andalan Presiden Jokowi, kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Beberapa waktu lalu kita lihat proyek yang saya sering menyebutnya, bahkan saya katakan itu proyek kecebong. Kecebong itu kereta cepat bohong-bohongan. Iya, ini bohong-bohongan karena sebenarnya tidak perlu membangun kereta cepat Jakarta-Bandung yang berhenti 4 kali," sindir Roy dalam sebuah diskusi yang digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2017) dilansir Detik.com.

Roy menyebut proyek 'kecebong' hanya dijalankan demi kepentingan pengembang. Dia memberi suatu contoh berdasarkan pendapat pribadi.

"Karena sebenarnya satu pemberhentian yang namanya Kota Walini, itu adalah untuk pengembang. Kota Walini itu akan dibangun di salah satu PTPN, menggusur hutan. Waktu saya masih di Komisi VI beberapa waktu lalu, komisaris PTPN kita dorong untuk menolak itu. Dan sampai sekarang kecebong tetap menjadi kecebong," sebut dia.

Lantas apakah pandangan Roy Suryo ini sikap pribadinya sebagai anggota DPR yang wajib menyalurkan aspirasi rakyat, ataukah sikap resmi Partai Demokrat?

"Itu kritik membangun. Masyarakat jadi tahu perkembangan proyek kereta cepat tersebut kan," kata Roy Suryo saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (3/11/2017).

Sumber: Detik.com


Name

Berita,2386,Entertainment,6,Health,1,Internasional,62,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2337,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Politikus Demokrat Sindir Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bohong-Bohongan, Jawaban Menteri BUMN Ini Bungkam Roy Suryo.....
Politikus Demokrat Sindir Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bohong-Bohongan, Jawaban Menteri BUMN Ini Bungkam Roy Suryo.....
Politikus asal partai Demokrat menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai proyek bohongan atau proyek 'kecebong' (kereta cepat bohongan), lantaran progres mega proyek yang sudah dimulai groundbreaking-nya sejak awal 2016 lalu tak kunjung menunjukkan kemajuan.
https://1.bp.blogspot.com/-yzcAIakOUWM/Wfxe_sPM6gI/AAAAAAAALWk/Lk1Ey813EhQ3GCtm5tUliW3nMMTM2bWOwCLcBGAs/s640/Kereta%2BApi%2BCepat%2BJakarta%2B-Bandung.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yzcAIakOUWM/Wfxe_sPM6gI/AAAAAAAALWk/Lk1Ey813EhQ3GCtm5tUliW3nMMTM2bWOwCLcBGAs/s72-c/Kereta%2BApi%2BCepat%2BJakarta%2B-Bandung.jpg
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2017/11/politikus-demokrat-sindir-proyek-kereta.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2017/11/politikus-demokrat-sindir-proyek-kereta.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy