Mengherankan! Kunjungi Makam Pahlawan Tidak Dikenal, Orang Belanda Ini Tiba-tiba Bercucur Air Mata, Ternyata Pria Ini.....

Max van der Werff, asal Belanda tiba-tiba menghindar dari kerumunan rombongan peziarah yang meletakkan bunga, di salah satu pusara Taman Makam Pahlawan 10 November, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jumat (10/11/2017).

Max van der Werff
Max van der Werff
MARTIRNKRI.COM - Max van der Werff, asal Belanda tiba-tiba menghindar dari kerumunan rombongan peziarah yang meletakkan bunga, di salah satu pusara Taman Makam Pahlawan 10 November, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jumat (10/11/2017).

Wajah pria bertubuh tinggi besar ini tampak memerah, sementara dua matanya bercucuran air mata.
Max cepat mengambil sapu tangan biru tua di sakunya lalu mengusap butiran air mata yang membasahi pipinya.

Wajah Max tak bisa berbohong, jika ia sedih.

"Saya menangis karena emosi, banyak sejarah yang kami tidak tahu tentang sejarah. Dan saya melihat apa yang pernah diceritakan ayah saya di masa lalu, sekarang saya melihatnya (makam pahlawan tak dikenal berjejeran)," tuturnya berkaca-kaca.

Max adalah orang berkewarganegaraan Belanda. Ayahnya adalah orang Cilacap yang sempat jadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) jaman kependudukan Jepang. Sementara ibunya adalah orang Belanda.

Max menceritakan ayahnya sempat menjadi tawanan tentara Jepang bersama sang paman.
Namun ayah Max berhasil kabur dan selamat, sementara sang paman harus meninggal dan dimakamkan di Bandung.

Tak heran jika Max merasa sangat emosinal, kala meletakkan bunga mawar merah dan putih di makam tak dikenal.

"Saya ingat ayah bercerita bagaimana bentuk bambu runcing, dan semua hal yang tidak bisa saya temui di Belanda."

"Itu membuat saya penasaran untuk mengunjungi Indonesia. Saya rasa ini adalah waktu tepat untuk kita berdamai," katanya semangat.

Kehadirannya ke makam pahlawan tak dikenal lanjut Max adalah bagian dari keinginannya untuk bisa mengetahui jejak sejarah kolonial Belanda di Surabaya.

Menurut Max sampai sekarang sejarah Kolonial Belanda di Indonesia punya versi yang berbeda di antara kedua negara.

"Untuk itu kami, beberapa orang yang hadir dari Belanda ini bekerjasama dengan beberapa teman dari Indonesia membuat web site historibersama.com."

"Di dalamnya kami mengumpulkan sejarah dari dua sisi (Belanda dan Indonesia) untuk menjadikannya satu, karena buku sejarah Indonesia dan Belanda sangat berbeda. Jadi lebih bagus jika kita tahu dari dua prespektif sekaligus," tegasnya.

Pertama Kali Orang Belanda ke Makam Pahlawan

Kunjungan orang Belanda ke makam pahlawan tak dikenal di Surabaya menurut Ady Setyawan, Ketua Komunitas Roodebrug Soerabaia menjadi momen bersejarah.

Ini karena tidak pernah dijumpai sekalipun, sebelumnya. Ady menuturkan kunjungan itu bermula saat Komunitas Roodebrug berziarah dan tabur bunga di makam anak-anak Belanda korban perang kemerdekaan.

Melihat aktivitas komunitas ini, sejumlah pegiat sejarah Belanda sekaligus Robbert Van De Rijdt, Direktur OGS Makam Kehormatan Ereveld (Kembang Kuning) akhirnya ingin melakukan hal yang sama.

"Yaitu mengunjungi makam pahlawan tak dikenal di makam pahlawan Mayjen Sungkono. Ada dua orang yang terbang khusus dari Belanda ke Surabaya untuk acara ini. Salah satunya Max," tambahnya.

Kegiatan ini lanjut Ady merupakan awal untuk saling mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu. Sekaligus pelajaran berharga, bagi generasi penerus bangsa.


Sumber: Tribunnews.com


Name

Berita,2301,Entertainment,6,Health,1,Internasional,61,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2253,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Mengherankan! Kunjungi Makam Pahlawan Tidak Dikenal, Orang Belanda Ini Tiba-tiba Bercucur Air Mata, Ternyata Pria Ini.....
Mengherankan! Kunjungi Makam Pahlawan Tidak Dikenal, Orang Belanda Ini Tiba-tiba Bercucur Air Mata, Ternyata Pria Ini.....
Max van der Werff, asal Belanda tiba-tiba menghindar dari kerumunan rombongan peziarah yang meletakkan bunga, di salah satu pusara Taman Makam Pahlawan 10 November, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jumat (10/11/2017).
https://3.bp.blogspot.com/-0jzQOEzX3Gg/WgaznriAkgI/AAAAAAAAMBg/3Nu1mACnn3kJYerIkVmOUzIh7LUsSRwyACLcBGAs/s640/Max%2BDatangi%2BMakam%2BPahlawan%2BTak%2Bdikenal.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0jzQOEzX3Gg/WgaznriAkgI/AAAAAAAAMBg/3Nu1mACnn3kJYerIkVmOUzIh7LUsSRwyACLcBGAs/s72-c/Max%2BDatangi%2BMakam%2BPahlawan%2BTak%2Bdikenal.jpg
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2017/11/mengherankan-kunjungi-makam-pahlawan.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2017/11/mengherankan-kunjungi-makam-pahlawan.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy