Ini Dia Sosok Pangeran Muhammad yang Mengguncang Politik Arab Saudi

Thomas Loren Friedman, wartawan sekaligus penulis buku dan pengamat globalisasi serta isu luar negeri asal Amerika Serikat menuliskan pandangannya tentang apa yang tengah terjadi di Arab Saudi belakangan ini setelah sejumlah pangeran dan menteri ditangkap atas tuduhan korupsi.

Muhammad bin Salman
Muhammad bin Salman
MARTIRNKRI.COM - Thomas Loren Friedman, wartawan sekaligus penulis buku dan pengamat globalisasi serta isu luar negeri asal Amerika Serikat menuliskan pandangannya tentang apa yang tengah terjadi di Arab Saudi belakangan ini setelah sejumlah pangeran dan menteri ditangkap atas tuduhan korupsi.

Dalam laman the New York Times (7/11), Friedman menulis, yang membentuk karakter Kerajaan Saudi selama empat dekade terakhir bukanlah Islamism, fundamentalisme, liberalisme, kapitalisme, atau ISIS-isme, tetapi Alzheimer.

Alasannya, menurut Friedman, raja Saudi saat ini berusia 81 tahun. Dia menggantikan raja sebelumnya yang berusia 90 tahun dan raja yang meninggal itu juga menggantikan raja sebelumnya yang berusia 84 tahun.

"Tak satu pun dari mereka (raja-raja) itu menerapkan reformasi. Dunia saat ini tengah mengalami perubahan teknologi dalam kecepatan tinggi, termasuk di dunia pendidikan dan globalisasi," kata penulis buku kondang 'The Earth is Flat' itu.

Menurut Friedman, Kerajaan Saudi selama ini lamban dalam mengikuti perkembangan zaman.

"Sekitar 70 persen penduduk Saudi berusia di bawah 30 tahun dan sekitar 25 persen dari mereka pengangguran. Sebanyak 200 ribu kuliah di luar negeri dan sekitar 35 ribu dari mereka, baik laki-laki maupun perempuan, pulang ke negaranya saban tahun dengan gelar akademis. Mereka mencari pekerjaan layak."

Pemerintah harus menciptakan lapangan kerja lebih banyak di luar sektor migas dan Saudi juga tidak bisa hanya mengandalkan cadangan devisa untuk menjaga kestabilan negara.

"Itulah latar belakang di balik kehebohan sepekan ini yang didalangi Muhammad bin Salman, putra Raja Salman, berusia 32 tahun itu."

Friedman mengaku sudah dua kali mewawancarai Muhammad bin Salman, putra mahkota Saudi yang menjadi sosok di balik penangkapan sejumlah pangeran dan menteri atas tuduhan korupsi.

"Dia sosok muda yang tergesa-gesa. Semangatnya untuk reformasi cukup tulus. Dukungan kaum muda di negaranya cukup signifikan dan keinginannya melakukan perubahan radikal di Arab Saudi cukup kuat," ujar Friedman.

"Dia terkesan lebih McKinsey ketimbang Wahhabi dan jika dia tidak ada, sistem di Saudi akan menciptakan sosok seperti dia. Seseorang harus mengguncang panggung."

Untuk mempercepat pengambilan keputusan, kata Friedman, bin Salman harus merombak tatanan Kerajaan Saudi dari yang tadinya merupakan pembagian kekuasaan dari tujuh keluarga besar menjadi ke satu garis keluarga.

"Ini bukan lagi Arab Saudi, tapi Arab Salman."

Dalam peristiwa penangkapan yang menghebohkan itu bin Salman menyingkirkan para pesaingnya dalam garis kekuasaan Saudi. Di saat yang sama bin Salman juga mengubah landasan legitimasi rezim dengan mengakhiri era 1979-an.

Bin Salman sudah berjanji akan mengubah Saudi menjadi lebih Islam moderar dengan mengurangi peran polisi syariah dan mengizinkan perempuan mengemudi. Ini perubahan besar. Dia berani menantang orang-orang supaya menilai pemerintahannya berdasarkan kinerja seperti dari angka pengangguran, pertumbuhan ekonomi, jaminan kesehatan dan perumahan, bukan berdasarkan Alquran atau rasa kasihan.

"Seorang veteran jurnalis Saudi mengingatkan saya soal bin Salman, 'Orang ini menyelamatkan Saudi dari kematian perlahan, tapi dia harus meluaskan pandangannya. Yang dia lakukan dengan melepaskan kerajaan dari pengaruh ulama itu baik, tapi dia juga tidak menerima pendapat lain dalam hal keputusannya di bidang politik dan ekonomi.'"

Sumber: Merdeka.com


Name

Berita,2301,Entertainment,6,Health,1,Internasional,61,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2253,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Ini Dia Sosok Pangeran Muhammad yang Mengguncang Politik Arab Saudi
Ini Dia Sosok Pangeran Muhammad yang Mengguncang Politik Arab Saudi
Thomas Loren Friedman, wartawan sekaligus penulis buku dan pengamat globalisasi serta isu luar negeri asal Amerika Serikat menuliskan pandangannya tentang apa yang tengah terjadi di Arab Saudi belakangan ini setelah sejumlah pangeran dan menteri ditangkap atas tuduhan korupsi.
https://4.bp.blogspot.com/-IycpgbIPWvM/WgVSn6jifAI/AAAAAAAAL6o/3f6PzP-LueciQcMl6yYmgEeSl0WTkvm5gCLcBGAs/s640/Pangeran%2BMuhammad.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-IycpgbIPWvM/WgVSn6jifAI/AAAAAAAAL6o/3f6PzP-LueciQcMl6yYmgEeSl0WTkvm5gCLcBGAs/s72-c/Pangeran%2BMuhammad.jpg
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2017/11/ini-dia-sosok-pangeran-muhammad-yang.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2017/11/ini-dia-sosok-pangeran-muhammad-yang.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy