Gaya 'Nginggris' Sandiaga Uno Ngalahin Google Translate Error-nya?

Ucapan apa pun dari seorang pejabat selalu menjadi sorotan banyak pihak. Tak terkecuali ucapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dalam menanggapi dan menjawab berbagai pemasalahan Ibu Kota, Sandi kerap kali mengucapkan istilah dan kata dalam Bahasa Inggris daripada menggunakan Bahasa Indonesia.

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno
MARTIRNKRI.COM - Ucapan apa pun dari seorang pejabat selalu menjadi sorotan banyak pihak. Tak terkecuali ucapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dalam menanggapi dan menjawab berbagai pemasalahan Ibu Kota, Sandi kerap kali mengucapkan istilah dan kata dalam Bahasa Inggris daripada menggunakan Bahasa Indonesia.

Ucapan-ucapan itu kerap terlontar kepada wartawan yang saban hari mengikuti kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota.

Tidak hanya mengemas setiap penjelasan dengan Bahasa Inggris, pernyataan-pernyataan yang terlontar dari orang nomor dua di Jakarta ini kerap menjadi bulan-bulanan warganet.

Terakhir pernyataan Sandiaga yang menuding para pejalan kaki sebagai penyebab kemacetan di Tanah Abang, bukan para pedagang yang lapaknya memakan badan jalan.

Menurut Sandi, apa yang dia ucapkan tersebut adalah spontanitas. Meski di-bully warganet, Sandi mengaku ikhlas dengan ejekan dan cacian yang berseliweran di media sosial.

"Alhamdullilah, itu jadi ladang amal, brand. Dan terbukti waktu di-bully awal-awal pencalonan saya udah bilang, ini bukan hanya dosa kita yang dikurangin, tapi kita juga dapat amal dan keberkahan," ujar Sandi, Senin 13 November 2017.

Adapun beberapa istilah asing yang digunakan Sandi saat menjawab persoalan Jakarta sejak ia menjabat sebagai wagub pada 16 Oktober 2017 lalu, adalah sebagai berikut.

I Wish I Can Tell You

Anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) senilai Rp 28 M dan penambahan junlah anggota menjadi 73 orang dipastikan masuk pada APBD DKI 2017.

Namun hingga kini, baik Gubernur maupun Wakil Gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno masih tutup mulut mengenai siapa saja yang akan duduk di tim tersebut.

"Belum ada. I wish I can tell you, tapi saya juga sendiri enggak tahu,” ujar Sandi di Balai Kota Jakarta, Rabu (29/11/2017).

On schedule, on track, on budget

Sandi mengatakan DKI akan fokus pada penataan trotoar di Sudirman-Thamrin. Ia berjanji menginspeksi rutin pelaksanaannya sembari lari pagi dari rumah ke Balai Kota, seperti janjinya beberapa waktu lalu.

"Membangun sesuatu kalau enggak ditongkrongin, engggak on schedule, on track, on budget," kata dia.

Give Us Time

Sandi meminta masyarakat memberinya sedikit waktu untuk memikirkan cara yang efektif untuk menyelesaikan penertiban PKL Tanah Abang.

"Give us time," katanya

Put the right man at the right place

Sandi memastikan anggota TGUPP bukan tempat penampungan para tim sukses Anies-Sandi saat kampanye. "Kami pastikan ini bukan tempat penampungan tim sukses. Kita akan betul-betul put the right man at the right place. Professional terbaik di bidangnya," ujar Sandi


Google saja land consolidation


Sandi menyebut program baru DKI yakni rumah lapis. Berbeda dengan rusun, lapis yang dimaksud adalah rumah yang tidak jauh dari tempat tinggal warga sebelumnya dan dengan konsep konsolidasi tanah. Namun, Sandi tidak menjelaskan konsolidasi tanah apa yang dia maksud.

"Mereka tidakk ingin dipindah terlalu jauh dari areanya. Mungkin ada yg disebut sebgaj konsolidasi tanah. Land consolidation. Itu bisa di-google aja land consolidation itu," ucap Sandi.

Tidak perlu over speculasi

Sandi menyatakan Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor demi mengembalikan keadilan. ia meminta agar tak banyak spekulasi dan kekhawatiran akan rencana pencabutan larangan motor menyebabkan kesemrawutan jalan protokol dan trotoar.

“Ini lagi dikaji, kita tidak perlu over speculasi, kita tunggu desainnya,” ucapnya

 All out 100 percen non negotiable

Sandi menegaskan, komitmen Anies-Sandi pada buruh tetap sama yakni meningkatkan kesejahteraan buruh.

"Untuk meningkatkan kesejahteraan buruh itu all out 100 percent non-negotiable. Anies-Sandi berada di belakang kesejahteraan buruh," katanya

OK Oce, Ok Otrip, Ok Ocare

Sandi berencana mengganti nama program kesehatan, Ketuk Pintu Layani Dengan Hati yang digagas Ahok. Menurutnya, nama program tersebut sulit diucapkan warga. Ia usul untuk diganti dengan Ok Ocare

“Banyak yang bilang sama saya program itu bagus tapi susah diucapkan karena ketok pintu layani dengan hati itu perlu dicari catchy word-nya seperti KJP, KJS, jadi kita mesti cari dan kita sayembarain ajalah yang bagus. Supaya masyarakat lebih mengenal program yang sangat bagus ini," kata dia

Selain Ok Ocare, program pelatihan wirausaha Sandi juga bernuansa Inggris. Program OK OCE adalah singkatan dari One Kecamatan One Center Of Economy.

Sumber: Liputan6


Name

Berita,2300,Entertainment,6,Health,1,Internasional,61,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2252,News,19,Opini,29,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,2,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Gaya 'Nginggris' Sandiaga Uno Ngalahin Google Translate Error-nya?
Gaya 'Nginggris' Sandiaga Uno Ngalahin Google Translate Error-nya?
Ucapan apa pun dari seorang pejabat selalu menjadi sorotan banyak pihak. Tak terkecuali ucapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dalam menanggapi dan menjawab berbagai pemasalahan Ibu Kota, Sandi kerap kali mengucapkan istilah dan kata dalam Bahasa Inggris daripada menggunakan Bahasa Indonesia.
https://2.bp.blogspot.com/-B7d2eso5Qx8/Wh9O2Xz0EMI/AAAAAAAANsQ/31nq6LM9iKUTspMuROELGrHXl6xiicm9QCLcBGAs/s640/Wagub%2BSandiaga%2BUno.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-B7d2eso5Qx8/Wh9O2Xz0EMI/AAAAAAAANsQ/31nq6LM9iKUTspMuROELGrHXl6xiicm9QCLcBGAs/s72-c/Wagub%2BSandiaga%2BUno.jpg
MartirNKRI.com
https://www.martirnkri.com/2017/11/gaya-nginggris-sandiaga-uno-ngalahin.html
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/
https://www.martirnkri.com/2017/11/gaya-nginggris-sandiaga-uno-ngalahin.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy