Biar Tak Gagal Paham Termakan Hoax Soal Utang Indonesia, Ini Cara Mudah Membacanya.....

Kalau lihat media sosial akhir-akhir ini isu utang Indonesia yang menggunung banyak dibicarakan. Apakah benar utang Indonesia itu besar dan bisa bikin bangkrut negara? Atau ada motif politik di balik isu utang?

Biar Tak Gagal Paham Termakan Hoax Soal Utang Indonesia, Ini Cara Mudah Membacanya.....

MARTIRNKRI.COM - Kalau lihat media sosial akhir-akhir ini isu utang Indonesia yang menggunung banyak dibicarakan. Apakah benar utang Indonesia itu besar dan bisa bikin bangkrut negara? Atau ada motif politik di balik isu utang?

Mari lihat data. Dalam catatan Bank Indonesia (BI) pada akhir Januari 2018, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia sekitar USD 357,5 miliar atau setara Rp 4.915 triliun. Rinciannya, dari angka tersebut terdapat utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 183,4 miliar atau setara Rp 2.394 triliun, serta utang swasta sebesar USD 174,2 miliar setara Rp 2.394 triliun.

Meski jumlah utang yang mencapai lebih dari Rp 4 ribu triliun, namun pemerintah masih memiliki kemampuan untuk membayar utang bila membandingkan dengan produk domestik bruto (PDB) yang masih di bawah 30 persen.

Direktur Strategi dan Portfolio Pembiayaan Kementerian Keuangan, Scheneider juga menjelaskan, utang pemerintah sekitar USD 183,4 miliar terdiri dari pinjaman kreditur asing sebesar USD 55,7 miliar dan Surat Berharga Negara (SBN), SUN dan Sukuk Negara, rupiah dan valas yang dipegang non residence USD 124,5 miliar.

62 persen pinjam dari masyarakat Indonesia

Pertengahan tahun lalu Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah menjelaskan, sebanyak 62 persen utang pemerintah dipinjam dari masyarakat Indonesia sendiri. Saat itu total utang negara masih Rp 3.780 triliun per Juli 2017. Uang masyarakat yang dipinjam tersebut dikelola oleh bank, reksadana, asuransi dana pensiun bahkan dari secara individu.

"62 Persen mereka memegang surat utang artinya mereka punya tabungan dan dia ingin investasi dalam bentuk surat utang negara," katanya dalam rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta.

Dia menegaskan, hal tersebut merupakan bagian untuk memperdalam sektor keuangan Indonesia. Jadi dalam hal ini disebut transaksi merugikan, namun sama-sama menguntungkan.


"Republik Indonesia membutuhkan untuk pembiayaan pembangunan, masyarakat punya daya beli, daya investasi untuk membeli surat utang negara. Oleh karena itu kita lihat 62 persen adalah kita berutang kepada masyarakat Indonesia melalui institusi maupun secra individual," jelasnya.

Utang untuk kepentingan rakyat

Saat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah pengantar ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (5/2) lalu. Ani sapaan akrab Sri Mulyani memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang hadir untuk bertanya.

Seorang mahasiswi lantas bertanya mengenai besarnya utang negara. "Bagaimana ibu menjelaskan kepada masyarakat agar masyarakat tidak lagi panik dengan meningkatnya utang negara untuk biaya infrastruktur?" tanyanya.

Ani menjawab bahwa utang digunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia. Seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan lainnya. Sehingga dia pun tidak cemas jika banyak utang tapi untuk kepentingan rakyat.

"Kalau banyak utang untuk membangun masyarakat menjadi pintar seperti kalian ini, saya nggak khawatir. Karena saya tahu nanti kalian yang bawa solusi," katanya.

"Jadi kalau kalian nanti di media sosial ngomongin soal utang, saya jamin kalau dia mau melintir menjadi seolah-olah kita krisis utang itu karena dia punya motif politik, saya jamin itu," imbuhnya.

Menurutnya, kabar soal utang selalu menjadi perhatian banyak pihak. Padahal semua telah diaudit oleh lembaga-lembaga yang berkompeten. "Kalau menkeu mengisu utang itu yang ngelihatin banyak sekali. Yang jelas BPK mengaudit, BPKP mengaudit internal, para investor di luar yang megang surat utang kita dia mengaudit kita, ratting agency mengaudit kita," katanya.

Ada yang Provokasi Dengan Isu Utang

Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa ada pihak tertentu yang mencoba melakukan provokasi terhadap isu jumlah utang Indonesia. Pihak tersebut adalah orang yang sangat paham dengan keuangan negara, tetapi hanya melihat sebagian saja salah satunya tentang utang luar negeri Indonesia.

"Dia (penyebar isu utang luar negeri Indonesia) tahu betul, rakyat ga tahu tentang itu. Dia sengaja. Dia tahu betul tentang APBN. Tapi dia hanya melihat utangnya saja. Tujuannya supaya Presiden Jokowi hanya dilihat jeleknya saja," ujar Sri Mulyani.


Sri Mulyani menyampaikan ada pihak yang menulis bahwa utang Indonesia mencapai Rp 4.000 triliun. Utang di masa ini, kata Sri Mulyani dibilang yang paling besar selama ini.

"Mengelola keuangan negara itu harus hati-hati. Prinsipnya dianggap baik dah hati-hati. Tidak ugal-ugalan atau ngawur. Kesehatan keuangan negara harus dengan prinsip sesuai undang-undang, untuk menyejahterakan rakyat. APBN itu instrumen. Utang itu instrumen bukan tujuan. Dibilang utang meningkat mendekati Rp 4.000 triliun, Indonesia akan runtuh. Padahal kalau membandingkan nominal (utang) belum ada apa-apanya dibanding Jepang dan Amerika. Itu negara yang punya utang besar," jelas Sri Mulyani.

Sumber: Merdeka.com


Name

Berita,1878,Entertainment,5,Health,1,Internasional,56,Kisah,1,Kriminal,4,Nasional,1836,News,19,Opini,23,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,1,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Biar Tak Gagal Paham Termakan Hoax Soal Utang Indonesia, Ini Cara Mudah Membacanya.....
Biar Tak Gagal Paham Termakan Hoax Soal Utang Indonesia, Ini Cara Mudah Membacanya.....
Kalau lihat media sosial akhir-akhir ini isu utang Indonesia yang menggunung banyak dibicarakan. Apakah benar utang Indonesia itu besar dan bisa bikin bangkrut negara? Atau ada motif politik di balik isu utang?
https://3.bp.blogspot.com/-r2SbM2kGw0M/WrHLADHXGKI/AAAAAAAASZ8/3IYd-ISqoJANiQghAf9NJ7ugSrPKFLQXwCLcBGAs/s640/Utang%2BIndonesia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-r2SbM2kGw0M/WrHLADHXGKI/AAAAAAAASZ8/3IYd-ISqoJANiQghAf9NJ7ugSrPKFLQXwCLcBGAs/s72-c/Utang%2BIndonesia.jpg
MartirNKRI.com
http://www.martirnkri.com/2018/03/biar-tak-gagal-paham-termakan-hoax-soal.html
http://www.martirnkri.com/
http://www.martirnkri.com/
http://www.martirnkri.com/2018/03/biar-tak-gagal-paham-termakan-hoax-soal.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy