Dapat Kritik Tajam Dari Mantan Orang Nomer 1 DKI Jakarta, Jawaban Anies Baswedan Ngeyel Begini Padahal Era Sebelumnya Sudah Dikaji Becak Itu....

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali 'menghidupkan becak' menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat luas. Anies menilai itu menjadi satu hal biasa di mana ada yang setuju atau pun tidak.

Dapat Kritik Tajam Dari Orang Nomer 1 DKI Jakarta, Jawaban Anies Baswedan Ngeles Begini Padahal Era Sebelumnya Sudah Dikaji Becak Itu....

MARTIRNKRI.COM - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali 'menghidupkan becak' menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat luas. Anies menilai itu menjadi satu hal biasa di mana ada yang setuju atau pun tidak.

Namun, Dia mengatakan becak hanya beroperasi di lingkungan perkampungan. Dia percaya jika penataan becak ini dapat diterima dan bisa dijalankan sama seperti rumah DP nol Rupiah yang banyak di ragunan namun kenyataannya bisa terlaksana.

"Kami percaya nanti ketika kebijakannya sudah muncul persis seperti DP 0 persen, apa DP 0 persen itu? Semuanya menganggap banyak sekali yang menganggap itu gak bisa jalan itu problematis nanti kita akan muncul dengan kebijakan lengkap nanti baru kita umumkan," jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/1).

Terus timbul kritikan dari mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan jika becak ini kembali beroperasi takut menimbulkan urbanisasi pengemudi becak desa yang pindah ke kota. Terkait itu Anies menjelaskan ini bukan tahun 80-an atau 90-an yang becak bebas melintas di Jakarta.

Melainkan hanya melakukan penataan becak-becak yang berada di perkampungan. Karena di beberapa wilayah becak masih banyak ditemui dan dinikmati masyarakat.

Untuk itu dia menegaskan bukan memberi izin becak tetapi menata becak yang berada di perkampungan.

"Saya garis bawahi ya ini bukan mengundang becak baru ya ini adalah mengatur yang sudah ada dan saya berharap teman-teman ikut membantu menjelaskan karena seringkali nanti jakarta hadir kembali becak," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso meminta Gubernur DKI Anies Baswedan mengkaji lagi rencana kebijakan memperbolehkan becak beroperasi di Jakarta. Berdasarkan pengalamannya memimpin Jakarta dua periode, Sutiyoso menyebut beroperasinya becak di ibu kota hanya akan menimbulkan persoalan baru.

"Dari pengalaman kami sebelumnya, saran saya kepada Gubernur agar dipertimbangkan lagi, lah," kata Sutiyoso kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/1), saat ditanya soal rencana Anies mengizinkan becak beroperasi di ibu kota.

Sutiyoso yang biasa disapa Bang Yos adalah Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2002 dan 2002-2007.

Pada masa kepemimpinannya, tepatnya 1998, Bang Yos mengizinkan becak beroperasi setelah sempat dilarang oleh Gubernur DKI sebelumnya, Soerjadi Soedirdja.

Bang Yos menuturkan, kebijakan tersebut terpaksa ia keluarkan lantaran masyarakat saat itu sedang terkena dampak krisis ekonomi.

"Solusinya, becak saya perbolehkan beroperasi di kampung-kampung, persis seperti rencana kebijakan Pak Anies," utur Bang Yos.

Setelah beberapa tahun becak beroperasi, Sutiyoso kemudian memutuskan mencabut operasi kendaraan roda tiga itu.

Bang Yos bercerita alasan dirinya mencabut izin operasi becak di Jakarta.

Kebijakan tersebut berdasarkan hasil kajian tim yang ia bentuk. Kata Bang Yos, hasil kajian itu menyimpulkan tiga hal mendasar.

Pertama, profesi tukang becak tidak manusiawi. Kedua, sudah tidak sesuai lagi digunakan di ibu kota apalagi kota metropolitan, terakhir karena sulit mengatur tukang becak.

"Akhirnya saya sumbat lagi," ujar Sutiyoso.

Beroperasinya becak, sambung Sutiyoso, juga menciptakan persoalan baru. Terutama soal ketertiban lalu lintas.

Ia mengatakan, saat dirinya mengizinkan becak beroperasi di kampung-kampung, ada banyak tukang becak yang justru beroperasi di jalan raya.

Persoalan lain yang ia khawatirkan adalah munculnya tukang becak akan berpotensi memicu gesekan baru dengan pengemudi angkutan lain seperti dengan pengemudi ojek pangkalan, ojek online, hingga bemo.

Atas dasar itu, Sutiyoso menyarankan agar Gubernur Anies mempertimbangkan lagi rencana kembali mengizinkan becak beroperasi di Jakarta.

"Lagi pula sudah banyak pilihan transportasi bagi warga Jakarta. Ada LRT, MRT, busway, Bajaj, Transportasi online. Yang diperlukan saat ini adalah menambah armada angkutan umum," ujar Bang Yos.

(Merdeka.com/CNN Indonesia)


Name

Berita,2098,Entertainment,5,Health,1,Internasional,59,Kisah,2,Kriminal,4,Nasional,2053,News,19,Opini,28,Pilihan Editor,117,Pilkada Jabar,1,Politik,1,Tekno,1,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
MartirNKRI.com: Dapat Kritik Tajam Dari Mantan Orang Nomer 1 DKI Jakarta, Jawaban Anies Baswedan Ngeyel Begini Padahal Era Sebelumnya Sudah Dikaji Becak Itu....
Dapat Kritik Tajam Dari Mantan Orang Nomer 1 DKI Jakarta, Jawaban Anies Baswedan Ngeyel Begini Padahal Era Sebelumnya Sudah Dikaji Becak Itu....
Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali 'menghidupkan becak' menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat luas. Anies menilai itu menjadi satu hal biasa di mana ada yang setuju atau pun tidak.
https://1.bp.blogspot.com/-xZxmr5M07Cc/WmHyh6bEolI/AAAAAAAAPgE/rF2CUkJlhFEml2vswmZdY8EcYvzjvWerACLcBGAs/s640/Anies%2BBaswedan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xZxmr5M07Cc/WmHyh6bEolI/AAAAAAAAPgE/rF2CUkJlhFEml2vswmZdY8EcYvzjvWerACLcBGAs/s72-c/Anies%2BBaswedan.jpg
MartirNKRI.com
http://www.martirnkri.com/2018/01/dapat-kritik-tajam-dari-orang-nomer-1.html
http://www.martirnkri.com/
http://www.martirnkri.com/
http://www.martirnkri.com/2018/01/dapat-kritik-tajam-dari-orang-nomer-1.html
true
6305951019981108732
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy