Recent Posts

Wanita Muslim ini Akan Dicalonkan Jadi PM Di Negara Yang 80 % Penduduknya Penganut Kristen Ortodoks

Thursday, December 22, 2016
Sevil Shhaideh (Foto: Reuters)


MARTIRNKRI.COM - Partai terbesar Rumania secara mengejutkan mencalonkan seorang wanita muslim dari minoritas Tatar untuk menjadi perdana menteri (PM).

Jika pencalonannya disetujui presiden dan parlemen, maka Sevil Shhaideh akan menjadi muslim sekaligus wanita pertama yang menduduki posisi tersebut. Demikian seperti dilansir The New York Times, Kamis (22/12/2016).

Partai Demokrat Sosial meraih kemenangan dalam pemilihan umum pada 11 Desember lalu, dengan mengeruk lebih dari 45 persen suara.

Setelah membentuk koalisi dengan partai Aliansi Liberal dan Demokrat, mereka menguasai kursi mayoritas di parlemen.

Biasanya, pemimpin partai terbesar di Rumania akan ditunjuk oleh presiden untuk menjadi PM.

Namun kali ini, hal tersebut tak berlaku bagi pemimpin Partai Demokrat Sosial, Liviu Dragnea, mengingat dirinya tengah bermasalah.

Dia telah divonis bersalah atas dakwaan kecurangan pemilu dan mendapat hukuman percobaan dua tahun pada April lalu.

Presiden Rumania Klaus Iohannis sebelumnya telah mengatakan, bahwa PM yang akan ditunjuk di negeri itu harus bersih dari vonis pidana atau tidak sedang menjalani proses hukum.

Oleh karena itulah, Partai Demokrat Sosial memilih Sevil Shhaideh, figur yang kurang dikenal yang pernah menjabat menteri pembangunan daerah selama enam bulan saja.

Wanita berumur 52 tahun itu menjalani sebagian besar karirnya di Constanta, pelabuhan di Laut Hitam, bukan di Bukarest, ibu kota Rumania. Namun dia dikenal dekat dengan pemimpin partai, Dragnea.

Shhaideh pernah menjadi sekretaris Dragnea saat menjabat menteri pembangunan daerah, dan menggantikannya ketika Dragnea pensiun pada 2015.

Rumania merupakan negara Eropa yang lebih dari 80 persen penduduknya adalah penganut Kristen ortodoks.

Adapun jumlah populasi umat muslim di negeri itu kurang dari 1 persen


sumber: detik.com