Recent Posts

Akhirnya, Polisi Akan Segera Gelar Perkara Putuskan Status Habib Rizieq Syihab

Tuesday, December 27, 2016
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.@Kompas.com/ Akhdi Martin Pratama


MARTIRNKRI.COM - Polisi telah menerima dua laporan terhadap imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, terkait penodaan agama.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan melakukan gelar perkara untuk menindaklanjuti dua laporan ini.

"Tentu akan kami dalami, akan kami lihat, akan memeriksa beberapa saksi-saksi, saksi ahli, IT (informasi teknologi), ahli pidana, ahli agama, dan sebagainya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/12/2016).

Ketika ditanya apakah gelar perkara akan dilakukan terbuka seperti kasus yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Argo meminta masyarakat, khususnya pelapor, untuk bersabar mengikuti jalannya penyelidikan.

"Kita tunggu saja nanti setelah kita lakukan penyelidikan dari penyidik," ujarnya.

Rizieq dilaporkan oleh Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI) pada Senin (26/12/2016) dan dilaporkan Student Peace Institute (SPI) pada Selasa.

Mereka melaporkan Rizieq dengan Pasal 156 KUHP tentang menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan.

Pasal lainnya adalah Pasal 156a KUHP tentang mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

sumber: kompas.com